Monday 12 November 2012

GENERATION OF COMPUTERS

Nih.... agak sedikit bercerita tentang sejarah. Tapi . . . ini komputer loh. Yg sekarang ada di depan teman-teman. iya kan?
Hmm... Generasi I - V. seharusnya jdulx sesimple itu saja. hehehe



a. Generasi pertama

Komputer generasi ini dikembangkan karena lahirnya perang dunia dua. Komputer ini berukuran sangat besar. Dan dibuat untuk tujuan tertentu sehingga memiliki kode biner yang berbeda, menyebabkan komputer ini sulit untuk diprogram dan kecepatannya terbatas. Komputer ini juga menggunakan tenaga listrik yg sangat besar.

1st Generation Computer


b. Generasi kedua

Ditemukannya transistor pada tahun 1948. Tube vacuum yang ada pada komputer generasi pertama digantikan oleh transistor sehingga ukuran komputer ini menjadi lebih kecil. Kode biner diganti dengan bahasa-bahasa pemrograman, seperti COBOL, FORTRAN, dan sebagainya. Juga sistem operasi pertama digunakan oleh komputer ini.



c. Generasi ketiga

Ilmuan berhasil memasukkan lebih banyak lagi program ke dalam sebuah chip sehingga komputer ini berukuran lebihkecil dari generasi sebelumnya. Sistem operasinya memungkinkan komputer menjalankan berbagai program berbeda secara serentak. komputer ini telah menggunakan bahasa tingkat tinggi.


d. Generasi keempat

Komputer ini lebih kecil dan fleksibel. Pada generasi ini dikenal adanya PC (Personal Computer) dan komputer yang dapat dimasukkan di tas (Notebook/laptop) atau bersifat portabel. Bahkan sudah ada komputer yang dapat digenggam (PC Tablet).



e. Generasi kelima

Komputer ini masih dalam tahap pengembangan. Komputer ini biasa disebut future computer (komputer masa depan). Komputer masa depan itu seperti yang di bawah ini.


silahkan klik link ini!

No comments:

Post a Comment

Tentunya kami selalu mencoba membuat blog ini menjadi sempurna namun tiada yang sempurna hanya tuhanlah yang sempurna jadi berilah kami sara maupun kritik agar blog ini dapat mendekati sempurna!