Saturday 8 September 2012

Alat komunikasi masa lalu dan masa sekarang1. Media Komunikasi Masa Lalu
Semenjak ditemukannya alat komunikasi untuk pertama kalinya, alat komunikasiini terus mengalami perkembangan. Berdasarkan rentang waktunya, peralatankomunikasi dibedakan menjadi alat komunikasi masa lalu dan alat komunikasi modern.Alat komunikasi masa lalu masih sangat sederhana dibandingkan dengan alat komunikasimodern. Peralatannya pun masih menggunakan bahan bahan alam, seperti daun lontar,kentongan, dan asap. Berikut adalah media komunikasi yang digunakan pada masa lalu :
a. Daun Lontar
Pada zaman dulu orang sudah menggunakan bahasa tulisan sebagai alatkomunikasi. Kegiatan surat- menyurat di Indonesia sudah dimulai sejak masa kerajaanKutai, Tarumanegara, Pajajaran, Majapahit, Sriwijaya, dan Mataram.Yang lazim digunakan untuk menulis dimasa itu adalah daun lontar. Namun ada juga yang menggunakan bambu, rotan, dan lempengan batu. Daun lontar dikenal jugadengan nama daun pohon nira, daun lontar dipakai untuk bahan kerajinan dan naskah.
Contoh tulisan atau naskah dari daun lontar
 

No comments:

Post a Comment

Tentunya kami selalu mencoba membuat blog ini menjadi sempurna namun tiada yang sempurna hanya tuhanlah yang sempurna jadi berilah kami sara maupun kritik agar blog ini dapat mendekati sempurna!